Sabtu, 07 November 2015

Manfaat Memberikan Kado

Memberikan kado akan membuat kesan bagi penerimanya, usahakan pemberian kado sesuai dengan kepada siapa kado kita berikan, kapan kado diberikan, moment untuk apa kado diberikan, dan tema acara . namun pada dasarnya pemberian kado akan memberikan manfaat yang akan selalu dikenang bagi penerimanya, apalagi jika yang memberikan maupun yang diberi adalah orang spesial dikehidupan kita. 



ARTI DARI KADO PEMBERIAN

kado? ya, ini hal yang paling suka membingungkan untuk setiap orang. pemberian tidak hanya harus disaat orang yang kita sayang atau kita memberi perhatian lebih kita beri, tapi dalam moment-moment tertentu jg kadang kado adalah sebuah kepentingan. nah ada beberapa kado recommended buat kalian yang bingung mau ngasih apaan buat orang yang kalian sayang!
ada beberapa kategori nih, mungkin aja bs jadi inspirasi :
Buku
Buku adalah sesuatu yang bakal disukai sama siapa saja. Tergantung pada topik apa yang dibahas dalam buku tersebut. Jadi, bila seorang cowok memberi kamu sebuah buku bisa berarti dia agak bingung ngasih kado buat kamu. Dan menurutnya buku tersebut menarik buat kamu baca.
kelebihan : buku dapat menggugah seseorang dari isi buku didalamnya. bukan untuk “menyindir”. tapi bisa saja untuk memberitahu orang yang kita beri itu tentang makna di isi buku itu.
kekurangan : bila memberikan buku kepada orang yang tidak suka membaca, pemberian anda akan sangat tidak ada artinya. bahkan kadang akan dia biarkan tanpa dibuka sedikitpun.
Bunga atau Coklat
Nah, bunga dan coklat walaupun kurang abadi, tetap merupakan hadiah yang romantis. Kedua barang ini juga nggak terlalu mahal. Jadi kalo kamu dikasih bunga dan coklat, maknanya adalah dia romantis dan perhatian banget sama kamu.
kelebihan : bunga atau coklat adalah dua barang yang mungkin bisa diebut barang paling romantis dan lembut. hampir semua orang suka salah satu barang ini. apalagi kedua barang ini mempunyai efek yang menenangkan dan lembut. sehingga sangat baik untuk menjadi recommended gift anda.
kekurangan : bagi seseorang yang tidak suka bunga atau alergi mungkin pemberian anda akan menjadi masalah. dan untuk coklat, 99% orang menyukai coklat tapi jangan sampai salah memberi rasa “coklat” karena coklat memliki berbagai macam rasa, dan bila salah memberi, coklat pemberian anda hanya akan menjadi konsumsi orang lain bukan yang ada beri karena coklat pemberian anda akan diberikan kpd orang lain untuk dikonsumsi.
Perhiasan
Maksudnya cincin, anting, gelang atau kalung. Ini jelas bukan sembarang kado, apalagi kalo nggak murah. Makna terselubungnya adalah dia senantiasa ingin kamu selalu ingat padanya bila melihat atau mengenakan hadiahnya. Bentuk kado seperti ini juga tanda kalo dia serius ama kamu.
kelebihan: perhiasan adalah barang expensive yang mungkin agak mahal untuk yang bahan dasar logam mulia. tapi kini sudah banyak perhiasan yang cantik tapi juga terjangkau. semua orang suka diberi perhiasan apalagi yang berbahan dasar logam mulia, selain bisa dijual kembali benda ini pun termasuk benda berharga. dan ada beberapa kelebihan dari type-type perhiasan sebagai berikut,
cincin : merupakan perhiasan yang menjadi simbol pengikat sebuah hubungan. maka benda ini sangat berharga dan sangat mempunyai arti dalam sebuah hubungan. karena dari sebuah cincin kita dapat menunjukan keseriusan sebuah hubungan kedepannya. dan letak cincin yang melingkar di jari dapat di artikan cinta yang mengikat yang melingkar yang akan terus berputar seperti lingkaran yang tidak ada habisnya juga karena jari adala bagian tangan dimana beberapa persen pergerakan sehari-hari menggunakan tangan.
kalung : perhiasan yang mungkin lebih cocok untuk wanita. karena dia tergantung pada leher dan menguntai ke bawah yang mungkin lebih dekat ke jantung dapat mengartikan bahwa benda ini menyimbolkan bahwa cintanya hingga detak jatungnya terhenti. dan orang yang akan anda berikan adalah salah satu “sumber kehidupan”.
anting : perhiasan ini juga lebih cocok dengan wanita. tempatnya yang terletak di telinga dapat menimbulkan kesan keanggunan. apalagi bentuk anting yang mempunyai mempunyai bandul. ini akan berkesan keanggunan. cocok untuk wanita yang anggun.
gelang : perhiasan ini tergantung modelnya dapat untuk wanita dan pria. tetapi dari barang ini dapat mengartikan sesuatu yang dalam. karena tempatnya yang berada di tangan dan melingkar di dekat nadi anda ini dapat menyimpulkan kedekatan antar pemberi dan penerima sedekat gelang dan pembuluh nadinya sehingga penerima bs diharapkan untuk selalu mengingat yang memberikan perhiasan gelang ini.
kekurangan : perhiasan adalah bentuk keseriusan apabila anda bermaksud memberikan kepada orang yang special, maka pikirkan dahulu untuk memberikan hadiah ini dan perhatikan juga kocek and
Boneka
Biasanya yang mengoleksi terdiri dari anak kecil namun bukan berarti kaum remaja nggak suka lho. Bilamana kamu dihadiahi boneka berarti setiap kali kamu melihat bonekanya, ingatlah padanya dan jangan sampai hilang ya!
kelebihan : boneka biasanya diletakan dikamar yang merupakan ruangan privasi. ini dapat memungkinkan ketika seseorang rileks atau mencoba istirahat ketika melihat boneka anda dia akan mengingat anda dan memikirkan anda dengan pikiran jernih. usahakan juga boneka yang anda berikan dapat dipeluk, ini akan mendapat nilai lebih! karena ketika ia sedang beristirahat dan memeluk boneka yang anda beri dia akan akan merasa nyaman dan selalu mengingat anda
kekurangan : tidak semua menyukai boneka, tidak hanya karena kesannya yang “kekanak-kanakan” juga ada kecenderungan bulunya yang membuat bersin. perhatikan orang yang anda akan beri jangan sembarangan memilih.
Pakaian
Ini merupakan hadiah yang agak sulit karena sang pria harus benar-benar tahu pas ukuran dan bentuk model pakaian kesukaan kamu. Tandanya ialah selain kamu akan tambah cantik memakai hadiah darinya, dia juga ingin menjelaskan bahwa dia telah merasa dekat denganmu.
kelebihan : berilah pakaian yang dia sukai, warna, bentuk, dan kenyamanan. maka pakaian itu dapat menjadi pakaian favoritnya dan dipakai disaat-saat tertetunya saja. atau berikan pakaian yang mgkn dpt dipakai saat ia tidur, jangan salah! karena disaat dia tidur dan memakai baju pemberian anda itu akan mengingatkan dia tentang anda!
kekurangan : karena pakaian mempunyai kriteria yang berbeda-beda maka akan sulit untuk memlih yang cocok untuk orang yang anda beri! apabila ia tidak suka maka barang pemberian anda akan sia-sia dan paling fatal apabila baju yang anda beri tdk sesuai ukurannya. itu hanya akan memenuhi salah satu rak dalam lemarinya.
Peralatan Elektronik
Bisa berupa walkman, discman, cd ataupun handphone. Selain mahal, si dia juga ingin mengutarakan bahwa dia tidak ragu menghabiskan uang untuk memberi hadiah semacam ini buat kamu. Tapi jangan sampai dijual ya…
kelebihan : seperti gadget mungkin akan sangat berarti karena seperti handphone yang selalu akan dipakai setiap hari atau bahkan jam. maka akan mengingatkan ia kpd anda dan ia akan sangat merasa special karena anda memberikan sesuatu yang “mahal” hanya demi dia
kekurangan : barang ini ada yang bertahan lama ada yang tidak. coba memilih barang yang tepat dan sesuai kegunaannya. semakin barang anda masa pemakaiannya tidak lama semakin anda hanya mengeluarkan uang sia-sia.
Parfum
So pasti aroma dari hadiah parfum kamu itu, si cowok juga menyukainya. Bisa juga harumnya sama persis dengan yang kamu pakai sehari-hari. Ini pertanda si cowok ingin merasa nyaman di samping kamu, begitu juga sebaliknya. Dan dia ingin kamu sadar bahwa dia mengenal dekat dengan kamu.
kelebihan : parfum adalah benda yang menjadi koleksi beberapa orang. wanginya yang sangat menenangkan dan dapat mengangkat image seseorang. karena dari wangilah gairah seseeorang yang menciumnya dapat terangkat. tapi jangan salah memberi parfum karena wangi kesukaan seseorang itu relative
kekurangan : wangi parfume yang bervariatif dan kesukaan seseorang yag relatif akan menyusahkan anda dalam memilih parfume
Suvenir/pajangan
Berbentuk bingkai foto, patung-patung kecil dan lain-lainnya. Jelas si cowok udah pusing tujuh keliling nyari kado buat kamu. Sisi positifnya dia tetap perhatian sama kamu tapi sisi negatifnya dia kurang fight buat nyenengin kamu.
kelebihan : barang ini dapat disimpan di tempat yang strategis dan menjadi pusat pandangan. berikan sesuatu yang mgkn dapat menjadi pusat pandangan orang yang akan anda beri maka dia akan selalu mengingat anda dan mungkin saja dapat menjadi bahan perhatian orang lain yang melihatnya.
kekurangan : jangan sampai anda salah memilih barang souvenir yang akan anda beri, karena apabila salah barang yang anda beri malah akan menjadi pajangan yang terabaikan bahkan mungkin hanya akan disimpan dikotak karena dianggap memenuhi space di tempatnya
mungkin diatas adalah beberapa barang yang biasa menjadi sebuah barang pemberian. telitilah dengan baik-baik dan pertimbangkan mana barang yang baik untuk diberikan kepada orang yang akan anda beri.
perhatikan aspek kepentingan, kebutuhan, keuangan dan makna dari barang yang anda kasih. walaupun kecil apabila semua aspek tadi diperhatikan itu akan menguntungkan kedua belah pihak! selamat berpikir dan menemukan barang yang terbaik ya!


Pemberian hadiah dalam agama Islam

 


Segala puji bagi Tuhan semesta alam. Shalawat serta salam semoga selalu dilimpahkan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, keluarga serta pengikut beliau hingga akhir zaman. Pada kesempatan dan lembaran ini akan diulas singkat mengenai hadiah, dalam syariat islam, insya Allah. Semoga bermanfaat
Definisi

Hadiah atau hibah adalah pemberian suatu barang dari pemiliknya kepada orang lain tanpa disertai imbalan. Tujuan hadiah adalah untuk mengikat atau menimbulkan rasa kasih sayang antara pemberi dan penerima hadiah

Anjuran Islam untuk memberi hadiah

Dari Sahabat mulia Abu Hurairah Radhiallahu anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda:
تَحاَدُوا تَحاَبُّوا
Hendaklah kalian saling memberi hadiah maka kalian akan saling mencintai.

Hadits diatas merupakan bukti bahwa pemberian hadiah adalah bagian dari syariat islam. Bahkan melakukannya dapat mendatangkan pahala dan menimbulkan kasih sayang diantara kaum muslimin. Padahal jika suatu kaum telah saling menyayangi maka persatuan diantara mereka otomatis akan menguat. Padahal persatuan sesama kaum muslimin merupakan sebuah kewajiban yang telah Allah tetapkan.

Akan tetapi perlu diingat. Memberi hadiah hukumnya dianjurkan selama tidak menimbulkan salah faham yang berujung maksiat. Seperti pemberian bingkisan dari seorang pria kepada wanita yang bukan mahramnya. Jika terjadi maka hal ini menimbulkan tanda tanya bagi wanita tersebut. bahkan bisa berujung pada pacaran. Sebuah jalinan cinta yang Allah haramkan dalam Al Qur’an. Dalil larangan pemberian hadiah jika menjerumuskan kedalam fitnah sebagai berikut:

لاَ ضَرَرَ ولاَضِرَارَ
Janganlah engkau merugikan diri sendiri dan orang lain.

Menerima Hadiah Meskipun Sedikit

Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk menghargai orang lain termasuk dalam perkara pemberian hadiah. Oleh karena itu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan kaum muslimin untuk menerima pemberian hadiah dari orang lain mekipun sedikit atau berupa hal-hal yang kurang berharga.

Beliau shallallahu alaihi sallam bersabda (artinya): andai saya diundang untuk menikmati jamuan berupa satu lengan (kambing) atau jamuan satu betis (kambing) niscaya akan saya datangi jamuan tersebut. begitupula jika saya diberi hadiah berupa satu lengan atau betis kambing niscaya kuterima hadiah tersebut.

Betis dan lengan yang disebutkan diatas hanyalah permisalan terhadap hal-hal yang sepele, sedikit atau kurang berharga meskipun demikian Rasulullah tetap menerimanya dengan baik. Sebagai seorang yang mengaku cinta beliau sudah sepatutnya perilaku tersebut kita ikuti agar kita diberi pahala. Pahala atas perbuatan kita meneladani Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam

Menolak Hadiah yang Dibenci

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): ada 3 hal yang pemberiannya tidak ditolak. minyak wangi, bantal, dan susu.

Disebutkan pula dalam sebuah riwayat bahwa sahabat Anas bin Malik Radhiallahu anhu tidak menolak pemberian hadiah berupa minyak wangi berdasarkan contoh dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Berdasarkan 2 dalil diatas maka makruh menolak pemberian hadiah berupa minyak wangi, bantal dan susu

Membalas pemberian hadiah

Aisyah Radhiallahu anhaa berkata (artinya): Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam jika menerima hadiah maka beliau membalas pemberian hadiah tersebut.

Siapakah yang paling berhak menerima hadiah

Aisyah Radhiallahu anhaa berkata, “wahai Rasulullah sesungguhnya saya punya 2 tetangga, manakah diantara kedua tetangga tersebut yang paling berhak aku saya berikan hadiah?” Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: berilah hadiah pada tetangga yang rumahnya paling dekat dengan rumahmu.

Hadits ini mengajarkan bahwa orang-orang yang paling berhak diberikan hadiah adalah tetangga terdekat. Serupa dalam hal ini dalam kaitanya siapakah diantara keluarga besar yang paling didahulukan dan diutamakan dihadiahi. Maka jawabannya adalah mereka-mereka yang paling dekat hubungan kekerabatanya.

Larangan bersikap tidak adil dalam pemberian hadiah kepada anak-anak

Nu’man bin Basyir Radhiallahu anhumma berkata: ayah memberi hadiah kepadaku dari sebagian hartanya. Melihat hal itu ibu (Amrah binti Rawahah Radhiallahaa) berkata: “aku tidak ridho dengan pemberianmu terhadap nu’man sampai engkau mempersaksikan hal ini kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam!” Ayah pun pergi menemui Nabi untuk meminta pertimbangan mengenai perbuatannya memberi hadiah kepadaku. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam lantas berkata kepada ayah. “Apa engkau juga memberi hadiah kepada anak-anakmu yang lain ?”. “tidak” jawab ayah. Lalu Rasulullah bersabda: “bertaqwalah kepada Allah dan bersikap adillah terhadap anak-anakmu!” sesudah mendengar perintah Rasulullah ayah pulang kemudian mengambil kembali hadiah dariku.

Perlu diketahui bahwa pengertian adil bukanlah sama rata sama rasa. Akan tetapi adil adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Jika dikaitkan dalam konteks pemberian hadiah adalah memberikan hadiah kepada masing-masing anak sesuai usia dan keperluannya.

Contoh keadilan dalam pemberian hadiah kepada anak-anak adalah sebagai berikut: Abu Hafsah punya 2 anak, hafsah dan Abdurrahman. Hafsah berusia 10 tahun dan duduk di bangku kelas 5 home schooling. Sedangkan Abdurrahman belum genap 4 tahun umurnya dan baru masuk Raudhatul Athfal home scholing. Maka Abu Hafsah dapat dikatakan adil ketika membelikan buku bertemakan alam kepada Hafsah adapun Abdurrahman dibelikan buku belajar menulis.

2 komentar: