Rabu, 28 Oktober 2015

Hubungan Pelanggan ; Sikap








Dalam bisnis khususnya usaha toko kelontong konsumen dapat menjadi pelanggan atau orang yang loyal kepada kita, sebagai pengusaha maupun owner kita harus mempertimbangakan hal ini, bahwa mereka adalah salah satu hal penting dalam bisnis kita. maka kita harus senantiasa memuaskan konsumen.
apa yang perlu kita lakukan terhadap mereka? ada beberapa hal yang harus kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Ucapan Terima Kasih, budayakan selalu mengucapkan terrima kasih ketika sudah terjadi transaksi jual beli, hal ini penting karena menunjukan sikap bahwa kita menghargai konsumen, kita membutuhkan dia, maka kita patut berterima kasih karena dia telah menjadi konsumen kita. ucapkanlah terima kasih atau sapaan yang sopan kepada pembeli maupun yang gak jadi beli atau calon pembeli sekalipun.
  • Pembeli adalah raja, selalu berprinsip bahwa pembeli adalah raja, maka berikanlah pelayanan kepada mereka, layanilah sebaik mungkin. misal kita angkatkan galon sampai ke mobil atau motorr dll.
  • jujur, jadilah penjual yang jujul, katakanlah terus terang produk kita, sampaikanlah kekurangan maupun kelebihannya apa adanya. jujur pula dalam beretika bisnis, baik kembalian maupun uang lebih.
  • terbuka, terbukalah kepada pelanggan mana kala kita kekurangan stok, produk cacat dsbnya. sampaikanlah jadwal buka toko kita, tanggapi keluhan pelanggan dengan baik
  • ramah, ramah dan sopan kepada pelanggan merupakan nilai plus dari jualan anda. senantiasa bersikap lembut kepada pembeli meskipun mereka terkadang rewel dan menjengkelkan.

  • penghargaan dan reward, datalah pelanggan anda dan berilah mereka hadiah pada moment moment tertentu, misal hari raya, dsb.




demikianlah tips dari om konang, selaku owner too doea satoe. salam sukses !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar